ASEAN akan Gelar Konferensi Perlindungan Konsumen Pertama


Skalanews - Persatuan Negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) akan menggelar konferensi yang bertujuan melindungi konsumen pada tanggal 8-9 Desember 2014 di Hanoi, Vietnam.

Pihak ASEAN dalam keterangan tertulisnya, Jumat, mengatakan Konferensi Perlindungan Konsumen negara-negara ASEAN pertama atau ASEAN Consumer Protection Conference (1st ACPC) ini didasari status kawasan yang merupakan pasar yang menjanjikan karena konsumen online yang tumbuh dengan pesat.

Lebih lanjut, dalam keterangan yang didapatkan Antara, perlindungan konsumen ke depannya akan menghadapi tantangan yang terus bertambah karena faktor lingkungan yang menggunakan uang bergerak  dan ditambah dengan perkembangan teknologi yang cepat.

Karena memiliki potensi manfaat ekonomi dan konsumen yang cukup tinggi, maka dibutuhkan perhatian yang lebih atas aturan yang melindungi konsumen di kawasan ini yang salah satu tahap awalnya adalah dengan mengadakan Konferensi.

Konferensi tersebut bertujuan untuk dijadikan sebagai platform bagi pelaku bisnis online, konsumen dan pemangku kepentingan lainnya sehingga dapat saling berhubungan dan bertukar pengalaman antara mereka.

Selain itu konferensi ini juga diharapkan dapat menghasilkan pembicaraan yang bermanfaat dengan pertukaran pandangan mengenai perkembangan perlindungan konsumen di negara-negara ASEAN serta melahirkan diskusi untuk masa depan tentang tren konsumen di kawasan dan tantangan lainnya.

Dalam keterangan tersebut disebutkan ACPC pertama ini akan memusyawarahkan berbagai topik mengenai isu-isu dan tantangan yang berkaitan dengan transaksi keuangan, keamanan produk konsumen, e-commerce dan pengembangan mekanisme ganti rugi konsumen.

Diperkirakan peserta yang hadir nantinya adalah badan pemerintah yang menangani skema perlindungan konsumen, peneliti, LSM, praktisi swasta dan asosiasi bisnis serta organisasi terkait lainnya yang terlibat dalam penegakan aturan perlindungan konsumen nantinya.

Konferensi ini diselenggarakan di bawah naungan Komite ASEAN tentang Perlindungan Konsumen dan diselenggarakan oleh Otoritas Kompetisi Vietnam.

Konferensi yang berjudul 'Mendukung Penelitian dan Dialog di Perlindungan Konsumen' tersebut didukung oleh ASEAN yang bekerjasama dengan Australia Development Cooperation Program Tahap II (AADCP II) sebagai bagian dari proyek skala yang lebih luas. (ant/mar)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »